https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Jenis Stroke

18 Juli 2022

 

Jenis-jenis penyebab stroke berdasarkan jenisnya
Secara umum, ada dua penyebab utama stroke yaitu arteri yang tersumbat (stroke iskemik) atau kebocoran atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik).
Selain itu, beberapa orang mungkin hanya mengalami gangguan sementara aliran darah ke otak, yang dikenal sebagai stroke ringan atau Transient ischaemic attack (TIA).

Berikut ini penjelasan mengenai penyebab stroke yang dibedakan sesuai jenisnya

 

Stroke Iskemik 

Stroke iskemik adalah jenis stroke yang paling umum terjadi ketika pembuluh darah otak menyempit atau tersumbat. Ketika stroke iskemik terjadi maka akan menyebabkan aliran darah sangat berkurang (iskemia). 

Pembuluh darah yang tersumbat atau menyempit ini disebabkan oleh timbunan lemak yang menumpuk di pembuluh darah atau oleh bekuan darah dan kotoran lain yang mengalir melalui aliran darah, paling sering dari jantung, kemudian bersarang di pembuluh darah di otak.

 

Stroke Hemoragik 

Kemudian stroke hemoragik terjadi ketika pembuluh darah di otak mengalami kebocoran atau pecah. Pendarahan otak dapat terjadi akibat banyak kondisi yang mempengaruhi pembuluh darah.


Faktor-faktor yang berhubungan dengan stroke hemoragik meliputi:
1.    Tekanan darah tinggi (hipertensi) yang tidak terkontrol
2.    Pengobatan berlebihan dengan pengencer darah (antikoagulan)
3.    Tonjolan di titik lemah di dinding pembuluh darah (aneurisma)
4.    Trauma, seperti kecelakaan mobil
5.    Deposit protein pada dinding pembuluh darah yang menyebabkan kelemahan pada dinding pembuluh darah (cerebral amyloid angiopathy). 

Stroke ringan atau Transient Ischemic Attack (TIA)

Transient Ischemic Attack (TIA), kadang-kadang dikenal sebagai ministroke atau stroke ringan adalah periode gejala sementara yang mirip dengan stroke. TIA tidak menyebabkan kerusakan permanen.

Saat ini banyak anak muda mengalami serangan stroke ringan. Penyebab stroke ringan di usia muda maupun tua karena adanya penurunan sementara suplai darah ke bagian otak, yang dapat berlangsung hanya selama lima menit.


Seperti stroke iskemik, TIA terjadi ketika gumpalan atau puing-puing mengurangi atau menghalangi aliran darah ke bagian dari sistem saraf. Walaupun termasuk kondisi ringan, Sahabat MIKA tetap memerlukan  perawatan darurat sekalipun gejalanya sudah membaik.


Jika Anda pernah mengalami stroke ringan maka kemungkinan mengalami penyumbatan sebagian atau penyempitan arteri yang menuju ke otak, yang akan meningkatkan risiko Anda mengalami stroke parah di kemudian hari.


Author

Admin